LEGISLATIF

Menjelang Pemilu 2024, Adam Rusydi: ASN Harus Jaga Netralitas

0
Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Golkar, Adam Rusydi.

Berita Golkar – Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Golkar, Adam Rusydi meminta ASN khususnya di Jatim untuk tetap menjaga netralitas menjelang Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

“Memang untuk saat ini belum ada laporan yang masuk ke Komisi A DPRD Jatim terkait keberpihakan ASN pada salah satu calon yang berlaga di Pemilu 2024. Meskipun begitu pihaknya harap ASN tetap menjaga netralitasnya hingga pemilu 2024 selesai pada 14 Februari mendatang,” tegas Adam yang juga politisi asal Fraksi Partai Golkar Jatim dikonfirmasi di DPRD Jatim, Selasa, (16/1/2024).

Baca Juga :  Meutya Hafid: Komisi I DPR RI Kutuk Keras Israel Serang RS Indonesia di Gaza

Ia mengatakan, pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

SKB diterbitkan, untuk menjamin terjaganya netralitas ASN pada pemilihan umum kepala daerah serentak di tahun 2024. ASN juga, memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Baca Juga :  Hanan Rozak Serahkan Bantuan Alsintan ke KTNA & Penyuluh Pertanian Lampung Tengah

Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

“Saya yakin ASN di Jatim ini sudah profesional dan tidak perlu diragukan lagi sikap netralitasnya.Namun apabila ada pelangaran – pelanggaran yang ditemukan tidak netral di pemilu pihak komisi A DPRD Jatim siap melakukan teguran keras sesuai aturan yang berlaku. Maka itu pihaknya mengimbau sekali lagi untuk ASN menjaga netralitasnya,” pungkasnya.