EKSEKUTIF

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto: Pemerintah Mau Bangun KEK Food Estate di Merauke

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berita Golkar – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan membuat kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk pembangunan food estate atau lumbung pangan.

Ia mengatakan, KEK tersebut akan dibangun di Merauke.

“Dibuat KEK nanti di Merauke,” kata Airlangga usai rapat soal Food Estate di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Airlangga mengatakan, pembuatan KEK Food Estate Merauke belum berbicara soal produksi.

Baca Juga :  Rumah Ambruk di Banjasari, KPPG Banyuwangi Beri Bantuan ke Korban

Akan tetapi, ia memastikan pemerintah akan fokus pada penanaman padi dan tebu.

“Kita belum bicara produksi, kita konsentrasi padi dan tebu, kalau Food Estate kan bisa potensi 2 juta hektare, tapi awalnya 200 ribu hektare dulu,” kata Airlangga.

Airlangga tidak merinci besaran anggaran pembangunan proyek. Namun, pria yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, pemerintah memilih pembangunan KEK di Merauke karena melanjutkan proyek Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2010.

Pembangunan KEK Food Estate Merauke akan dibangun dengan skema public private partnership. Airlangga enggan menjawab siapa investor yang akan membangun food estate.

Baca Juga :  DPD Golkar Jakarta Laporkan Rangkaian Safari Politik ke Airlangga Hartarto

“Investornya nanti,” kata Airlangga.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengakui pembangunan lumbung pangan atau food estate tidak semudah yang dibayangkan, karena produktivitas dari tanaman pada kali pertama biasanya gagal.

Jokowi tetap akan membangun lumbung pangan, meski mendapatkan kritikan adanya penyalahgunaan kebijakan proyek ini.

Menurut Jokowi, lumbung pangan merupakan solusi untuk mengantisipasi krisis pangan, mengingat semua negara di seluruh kawasan menghadapi krisis tersebut.