BERITAEKSEKUTIF

Menpora Lakukan Uji Publik Grand Design Keolahragaan Nasional di Surabaya

0
Foto - Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga

Berita Golkar – Menpora Zainudin Amali mengatakan kunci utama untuk mewujudkan ekosistem olahraga nasional yang baik adalah Grand Design Keolahragaan Nasional.

Zainudin Amali beserta jajaran melakukan uji publik Grand Design Keolahragaan Nasional di Surabaya, yang juga etape terakhir setelah sebelumnya di perguruan tinggi lain.

Harapannya, apa yang sudah dijalankan, yaitu me-review total ekosistem pembinaan olahraga Indonesia, benar-benar sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Alasan dibuatnya grand desain keolahragaan, masih menurutnya, juga sebagai pondasi untuk pembinaan dan masa depan olahraga di Indonesia.

Fakta bahwa prestasi tidak bisa dilahirkan secara kebetulan atau bahkan dalam waktu singkat, maka harus dilakukan berjenjang dengan desain terbaik.

Salah satu contohnya adalah Lalu Muhamad Zohri, sprinter kebanggaan Indonesia, yang lahir dari PPLP. Sayang, grand desain-nya belum kokoh dan berjenjang.

Baca Juga :  Beri Arahan Anggota Paskibraka, Menpora: Manfaatkan Kesempatan Sebaik Mungkin

“Terus terang, prestasi-prestasi yang muncul merupakan prestasi yang tidak terdesain. Muncul secara kebetulan, ada yang punya talenta dipoles sedikit bisa juara.”

“Tapi, setelah itu, tak ada pelapis-pelapis yang setiap tahun dipersiapkan dengan baik. Saya ingin dengan grand design keolahragaan, bisa memperbaiki itu semua,” katanya.

Menpora pun berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini sudah membantu demi terciptanya Grand Desain Keolahragaan Nasional.

“Terima kasih kepada semua pakar dan akademisi ilmu keolahragaan yang terlibat, Komisi X DPR RI, dan seluruh stakeholder olahraga di Indonesia.”

Nantinya, hasil atau produk dari grand design ini dapat diketahui semua orang. “Semuanya terlibat, oleh karena itu, kami keliling di berbagai perguruan tinggi dan daerah.”

Baca Juga :  Airlangga Hartarto: Isra Mi'raj Momentum Merawat Kepercayaan Antar Sesama

Zainudin Amali tak ingin komplain di kemudian hari. “Jangan sampai ada yang bilang kok tiba-tiba ada program grand desain keolahragaan ini.”

Anggota Komisi X DPR RI, Zainudin Maliki, mendukung penuh upaya Menpora dalam menentukan Grand Design Keolahragaan Nasional.

Grand design inilah yang akan jadi pedoman untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia karena semua sudah termasuk di dalamnya.

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Nur Hasan, mengajak seluruh pakar olahraga di Indonesia untuk berkontribusi demi memajukan olahraga.

“Saya minta grand design ini benar-benar dibedah dengan maksimal karena kita semua ingin ini jadi langkah (besar) untuk memajukan olaharaga,” katanya.