BERITA

Nurul Arifin Beberkan Prabowo Konsisten Jadi Menteri Berkinerja Terbaik

0
Wakil Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Nurul Arifin.

Berita Golkar – Wakil Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Nurul Arifin menanggapi debat capres ketiga yang digelar pada Minggu, (7/1/2024).

Dari sebelum debat, Arifin mengatakan optimistis Prabowo menang karena selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo sering didaulat survei sebagai menteri yang berkinerja terbaik.

“Saya sebagai anggota komisi I DPR RI dan merupakan mitra kerja Kemhan ingin mengapresiasi dan memberikan catatan. Bahwa dari tahun ke tahun sejak diangkat, selalu ada hasil survei dari lembaga yang kredibel menyatakan sebagai Menhan, Pak Prabowo adalah menteri berkinerja paling baik dan paling memuaskan publik,” kata Nurul dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024).

Nurul Arifin yang juga politikus Partai Golkar mengatakan kiprah Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik telah terpotret sejak 2020. Tahun tersebut adalah tahu pertama Prabowo menjadi Menteri Pertahanan.

Ia mengungkapkan hasil survei Charta Politika periode Juli 2020, menunjukkan 12,8 persen responden menilai kinerja Prabowo yang terbaik ketimbang menteri lainnya.

Baca Juga :  Musda X Golkar Deliserdang Akan Kembali Di Gelar Pada 12 September

Di tahun kedua sebagai menteri tahun 2021, Prabowo Subianto didaulat sebagai Menteri Berkinerja Terbaik oleh Lembaga Survei Indonesia LSI yang dirilis pada bulan Februari.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan saat itu menyatakan publik yang merasa puas dan sangat puas terhadap kinerja Prabowo Subianto mencapai 75%. Diikuti oleh Sandiaga Uno yang memiliki tingkat kepuasan 69%.

Pada tahun 2022, hasil senada juga termuat dalam survei Poltracking periode bulan November.

Menhan Prabowo Subianto saat itu didaulat sebagai menteri dengan tingkat kepuasan publik paling tinggi.

Sebesar 61,4 persen publik puas terhadap kinerja Prabowo, satu-satunya menteri dengan tingkat kepuasan yang mencapai lebih dari 60 persen.

Tren tersebut berlanjut hingga pertengahan tahun 2023. Poltracking kembali merilis survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja menteri pada periode Februari, Maret dan April.

Hasilnya, nama Prabowo Subianto kembali menempati urutan teratas dengan tingkat kepuasan 64,8 persen, disusul oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan 64,3 persen.

Selain Poltracking, lembaga Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023 juga menunjukkan hasil serupa.

Baca Juga :  Taufan Pawe Harap Semua Pihak Saling Dukung Ciptakan Pemilu Aman, Lancar, dan Penuh Cinta

Kinerja Prabowo sebagai Menhan mendapat tingkat kepuasan masyarakat sebesar 91,7 persen. Dalam survei tersebut, sepak terjang Prabowo dinilai sangat positif karena berhasil membuat terobosan cemerlang.

Kendati demikian, Nurul Arifin memahami kepuasan publik terhadap kinerja Prabowo akan diiringi oleh kritik yang ditujukan kepadanya.

Namun, ia meyakini hasil survei yang dipaparkan berbagai lembaga telah menunjukkan kualitas Prabowo secara objektif.

Menurutnya, adapun serangan dan kritik yang muncul belakangan terhadap Prabowo sebagai Menhan dinilainya tak lepas dari faktor pencapresan Prabowo dan situasi politik terkini.

“Ini hal biasa. Saat kontestasi politik belum dimulai, publik menilai bagus kinerja Menhan. Jadi kalau hari-hari ini dianggap jelek, diserang kiri-kanan, wajar karena kemungkinan besar hal tersebut dari persaingan dalam kontestasi Pilpres,” jelasnya.

Namun, Nurul Arifin meyakini masyarakat sudah sangat cerdas dalam menilai situasi tersebut.

“Masyarakat sudah cerdas dalam menilai. Dan sangat memahami situasi dinamika kampanye yang terkadang saling menjatuhkan. Saya yakin kinerja dan rekam jejak yang sudah terbukti dari Pak Prabowo tidak bisa dikalahkan oleh tudingan, kebencian, dan fitnah yang dilancarkan pada beliau,” paparnya.