DPD GOLKAR

Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Golkar Hadirkan Yellow Clinic di Bali

0
Dewa Made Suamba Negara selaku Koordinator Manajemen Yellow Clinic DPD Partai Golkar Bali didampingi dokter I Gede Wiryana Patra Jaya selaku Konsultan Manajemen Yellow Clinic Bali saat di Yellow Clinic Bali.

Berita Golkar – Demi meningkatkan kualitas kesehatan serta kualitas hidup masyarakat di Pulau Bali, DPD Partai Golkar Provinsi Bali berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu ditandai dengan diwujudkannya layanan kesehatan masyarakat “Yellow Clinic”.

Hadirnya Klinik Pratama Rawat Jalan Yellow Clinic Bali yang bertempat di bilangan Sekretariat DPD Partai Golkar Bali di Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar.

Yellow Clinic Bali siap beroperasi penuh mulai hari Senin mendatang, tanggal 28 November 2022.

“Setelah melalui proses yang panjang, di bawah kerja-kerja dokter Patra, maka Yellow Clinic yang berada di bawah naungan Golkar telah memiliki segala kelengkapan administrasi. Pada hari ini kmai melakukan persembahyangan matur piuning sesuai dresta Bali untuk melakukan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum. Selanjutnya pada hari Senin seluruh masyarakat bisa memanfaatkan layanan Yellow Clinic ini,” terang Dewa Made Suamba Negara selaku Koordinator Manajemen Yellow Clinic DPD Partai Golkar Bali didampingi dokter I Gede Wiryana Patra Jaya selaku Konsultan Manajemen Yellow Clinic Bali dalam keterangannya pada Rabu (23/11/2022).

Klinik Pratama Rawat Jalan Yellow Clinic Bali mempunyai dua poli yakni poli umum dan poli gigi serta dilengkapi juga fasilitas pojok laktasi bagi ibu menyusui.

Mengenai tenaga medis, Yellow Clinic ini punya dua orang dokter umum, dua orang doker gigi, dua orang perawat, tenaga administrasi, perawat gigi dan lainnya.

Operasional dari Yellow Clinic ini dirancang selama 12 jam setiap hari, dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Namun untuk tahap awal sebalum Yellow Clinic ini bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, layanan dibuka selama 6 jam yakni jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

Baca Juga :  Menko Airlangga Minta Pengusaha Bayar THR untuk Pekerja di Rakernas KSPSI

Dewa Suamba Negara mengungkapkan kehadiran Yellow Clinic Bali ini adalah perwujudkan misi DPD Partai Golkar Provinsi Bali berperan serta memberikan layanan bidang kesehatan kepada masyarakat.

“Yang penting bagi kami di Golkar adalah cita-cita untuk ikut berperan serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah bisa kita lakukan. Itu kebahagiaan tersendiri bagi Partai Golkar,” ujarnya.

Sasaran kelompok masyarakat atau calon pelanggan dari Yellow Clinic Bali ini yakni masyarakat umum, peserta BPJS Kesehatan dan peserta asuransi kesehatan.

Yellow Clinic Bali ini secara khusus juga bisa dimanfaatkan oleh para pengurus dan kader Golkar serta keluarganya.

“Di tempat ini khusus untuk pengurus Partai Golkar Kota Denpasar, kita prioritaskan untuk menggunakan sarana ini dan untuk mengundang konstituennya serta kerabatnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Yellow Clinic. Soal bagaimana cara mereka dan bagaimana biayanya, biar merekalah yang mengatur,” terang Dewa Suamba Negara.

Sementara itu dokter I Gede Wiryana Patra Jaya selaku Konsultan Manajemen Yellow Clinic Bali ini mengungkapkan Yellow Clinic Bali sudah memiliki izin operasional yang dikeluarkan oleh Dinas Perizinan Terpadu Kota Denpasar setelah berproses dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar.

“Jadi izin ini adalah izin Klinik Pratama Rawat Jalan. Persyaratan minimal untuk Klinik Pratama telah dilakukan asesmen oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Dan semua tenaga kesehatan kami sudah punya surat izin praktik,” ungkap dokter Patra yang juga Ketua Bali Medical Tourism Association ini.

Layanan yang diberikan oleh Yellow Clinic Bali ini ada dua bentuk yakni layanan dalam gedung dan layanan luar gedung. Layanan dalam gedung berupa pelayanan oleh dokter umum dan pelayanan oleh dokter gigi.

Baca Juga :  Musda V Bekasi Akan Digelar, Golkar Cari Nakhoda Kota Bekasi

Masih terkait dengan pelayanan dalam gedung, ada juga layanan pemeriksaan penunjang untuk tes Covid-19 seperti tes antigen dan PCR.

“Pandemi Covid-19 kan belum dinyatakan berakhir. Jadi kami tetap ingin berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 ini,” kata pria yang juga Ketua Majelis Kode Etik Rumah Sakit (Makersi) Bali ini.

Sementara untuk pelayanan luar gedung, Yellow Clinic membackup layanan kesehatan yang diberikan Partai Golkar Bali kepada masyarakat misalnya program Safari Kesehatan Partai Golkar Bali, yang sebelumnya juga telah beberapa kali dilakukan di sejumlah daerah di Bali.

Satu lagi untuk pelayanan luar gedung, Yellow Clinic juga ingin memfokuskan kepada pelayanan kesehatan untuk kelompok lansia (lanjut usia) yang kegiatannya akan dipusatkan di wantilan DPD Partai Golkar Bali maupun di tempat lainnya.

“Jadi ada program untuk lansia yang tujuannya menjaga kualitas hidup lansia. Seperti ada pemeriksaan kesehatan, senam lansia hingga edukasi kesehatan,” ucap dokter Patra yang juga Kepala UPTD PMI Bali ini.

Soal biaya layanan kesehatan di Yellow Clinic Bali ini, dokter Patra mengungkapkan tarifnya mengikuti standar layanan klinik pratama di Kota Denpasar di kisaran rata-rata Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu.

“Tapi kami ambil di angka Rp 100 ribu dulu, untuk pelayanan kesehatan termasuk obatnya,” tutup dokter Patra yang juga Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan Kadin Bali ini.