EKSEKUTIF

Secara Daring, Menko Perekonomian Airlangga bertemu Menteri Perdagangan & Pariwisata Australia

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan pertemuan secara daring dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Senator the Hon Don Farrell pada Selasa pagi (23/05).

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan secara daring dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Senator the Hon Don Farrell pada Selasa pagi (23/05).

Pertemuan tersebut membahas beberapa pokok pikiran dalam isu rantai pasok yang menjadi perhatian 14 negara di Indo-Pasifik yang sedang melakukan putaran perundingan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), untuk memastikan rantai pasok yang aman dan tangguh serta untuk meminimalkan gangguan dan kerentanan bagi negara-negara di Kawasan Indo-Pasifik.

Negara-negara mitra IPEF diharapkan dapat berkomitmen untuk mencapai tujuan kolektif rantai pasok yang tangguh, antisipatif, tahan uji, cepat pulih dari tantangan dan berdaya saing di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto : 30 Juta Dosis Vaksin Akan Tiba di Indonesia Pada Akhir Tahun 2020

Pembahasan dalam isu rantai pasok meliputi penetapan kriteria sektor dan barang kritis, peningkatkan ketahanan dan investasi pada sektor dan barang kritis, penetapan mekanisme berbagi informasi dan respons krisis, memperkuat logistik rantai pasok, peningkatan peran pekerja, dan peningkatan transparansi rantai pasok.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri menegaskan pentingnya kerja sama untuk kesejahteraan ekonomi dan kestabilan di kawasan tersebut dan menyoroti kemajuan yang dicapai selama putaran perundingan.

“Kemajuan dalam setiap pembahasan perundingan sangat penting, untuk itu pembahasan berbagai isu-isu yang masih pending perlu disegerakan,” ujar Senator Farrell.

“Dalam negosiasi, negara-negara mitra berkepentingan agar pembahasan isu-isu terkait dapat menggunakan acuan pada perjanjian dan kesepakatan internasional yang telah diadopsi bersama, dan mendorong agar dapat dijembatani berbagai perbedaan yang ada, tentunya dengan memperhatikan berbagai kepentingan domestik negara-negara mitra,” tegas Menko Airlangga menyampaikan catatan dan pengamatan.

Baca Juga :  Airlangga Pastikan Risiko KUR Klaster Lebih Terukur untuk Perbankan

Pertemuan diakhiri dengan diskusi mengenai agenda perundingan Pertemuan Tingkat Menteri IPEF yang akan dilaksanakan minggu ini.

Sebagaimana diketahui, Menko Airlangga dan Senator Farrell bersama Menteri dari 12 negara peserta IPEF lainnya diundang untuk hadir pada Pertemuan Kedua Tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Mei 2023 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Tahun lalu, para Menteri dari 14 negara peserta IPEF menyepakati Deklarasi Menteri yang dikeluarkan pada Pertemuan Tingkat Menteri IPEF pertama tanggal 8-9 September 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat.