Uncategorized

Tantowi Yahya Ungkap Golkar Tidak Akan Sulit Cari Pengganti Amali sebagai Menpora

0
Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya.

Berita Golkar – Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak akan kesulitan mencari pengganti Amali sebagai Menpora.

Tantowi menyebut Golkar adalah ‘kawah candradimuka’ tempat pembentukan calon pemimpin bangsa.

“Golkar itu partai kader, jadi saya selalu menyebut bahwa Golkar itu kawah candradimuka. Tempat pembentukan dari calon-calon pemimpin bangsa di berbagai tingkatan,” kata Tantowi saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Tantowi mengatakan Airlangga tentu tidak akan gusar untuk mencari pengganti Amali. Kader di partainya, lanjut Tantowi, sudah disiapkan untuk posisi apa pun.

“Jadi Ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti, karena Golkar itu partai kader dan partainya sudah disiapkan untuk posisi-posisi apa pun,” ungkapnya.

Tantowi mengatakan sebenarnya Presiden Jokowi menyampaikan tak keberatan menterinya merangkap jabatan.

Hanya, Zainudin Amali menyampaikan bahwa dia berfokus ke PSSI demi keberlangsungan sepakbola Indonesia.

Baca Juga :  Pernyataan Airlangga Terkait 5 Kursi Menteri, Pengamat Nilai Wajar

“Jadi ini ada dua kubu kan ya, kubu pertama adalah presiden tidak keberatan apabila yang bersangkutan masih menjabat sebagai menteri. Tapi si menterinya sendiri itu lebih memilih mengundurkan diri gitu, kita lihatlah nanti keputusan presiden seperti apa. Kalau nggak salah bakal ada pertemuan itu,” kata Tantowi.

Tantowi mengatakan pernyataan Zainudin Amali menekankan dia tak berkeberatan mundur dari posisi menteri.

“Dari pernyataan beliau kan seperti itu. Jadi dia nggak berkeberatan mundur dari posisi menteri karena ingin fokus di bola di PSSI,” ucapnya.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengatakan Jokowi sudah mengetahui dia terpilih menjadi satu dari dua Waketum PSSI. Menurut Amali, Jokowi menyerahkan soal pilihan kepadanya.

“Karena saya menyampaikan kepada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan kepada Bapak Presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola menjadi pengurus PSSI’ dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola,” kata Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/2).

Baca Juga :  Profil Airlangga Hartarto

Apa maksud memilih PSSI di saat dia menjabat Menpora, Zainudin Amali menyatakan pernyataannya itu tidak harus diperjelas lebih dalam.

Yang pasti, menurut Amali, Jokowi sudah mengizinkan dia berfokus pada PSSI.

“Udah jangan dijelasin panjang-panjang lagi itu. Masa, kalian tanya lagi itu. Jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola mendampingi Pak Erick Thohir, Bu Ratu Tisha dan teman-teman exco,” kata Amali.

“Pokoknya saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola,” imbuh dia menegaskan.

Ditanya apakah berarti dia mundur dari Menpora, Zainudin Amali hanya mengulangi pernyataan dirinya akan berkonsentrasi dan berfokus mengurusi sepak bola Indonesia.

“Ndak. Kan saya sudah sampaikan saya akan konsentrasi dan fokus di sepakbola kemudian presiden mengizinkan. Silakan. Udah. Oke. Masa, yang begitu harus diterjemahin panjang-panjang lagi,” katanya.