EKSEKUTIF

Tingkatkan Pemasaran Luar Negeri, Jerry Sambuaga Minta UMKM Berinovasi

0
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga melihat langsung proses produksi bawang goreng UMKM Bawang Goreng.

Berita Golkar – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk guna meningkatkan pemasaran ke luar negeri.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, saat melihat langsung proses produksi bawang goreng UMKM Bawang Goreng “Sri Rejeki” di Palu.

“Salah satu yang menjadi fokus adalah kemasan karena di pasar internasional banyak yang meminta dan memberikan aspirasi, kalau bisa disesuaikan atau memiliki standar,” kata Jerry dalam keterang tertulis, diterima di Jakarta, Minggu (28/5)

Menurut dia, produksi bawang goreng `Sri Rejeki` tersebut sudah memenuhi standar dan layak untuk dijual ke pasar luar negeri.

Baca Juga :  Menko Airlangga Apresiasi Dukungan OJK dan Perbankan Bantu Selamatkan UMKM dan Sektor Informal saat Pandemi

“Saya sudah melihat seluruh proses produksi mulai dari awal, penggorengan, pengemasan hingga penjualan, dan saya rasa ini sudah rapi dan baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Ia meminta kepada pelaku UMKM untuk berfokus terhadap segi pengemasan yang sesuai standarisasi agar bisa mendapatkan sertifikat LSPro (Lembaga Sertifikasi Produk).

Menurut Jerry Sambuaga, hal tersebut dapat menjadi motivasi dalam mengembangkan pengemasan dan promosi produk bagi pelaku UMKM sehingga ekspansi ke luar negeri dapat lebih masif dan maksimal.

Kemendag, katanya lagi, juga mempunyai program supporting system dalam hal pelatihan dan bisnis matching yang orientasinya adalah untuk ekspor.

Baca Juga :  Supriansa Hadir Sidang Uji Materi MK Soal Gugatan UU Pemilu

“Kami punya badan balai ekspor serta beberapa fasilitas pelatihan ekspor di beberapa kota dan ini yang dikonkritkan bersama untuk membantu UMKM,” katanya.

Adapun terkait pemasaran, Jerry mengatakan bahwa Kemendag juga melakukan pembinaan serta pelatihan kepada para pelaku UMKM terkait inovasi pemasaran guna memanfaatkan teknologi digital dalam mengakses marketplace.

Jerry mengatakan bahwa Kemendag memiliki Permendag dan regulasi yang mana di setiap toko harus mengutamakan produk lokal, sebagai bentuk memberikan dukungan kepada UMKM dalam mendapatkan akses ke marketplace.

“Intinya kami mendukung terus dan berpihak kepada UMKM. Ini menjadi prioritas untuk memastikan bagaimana UMKM akan terus berkembang nantinya,” kata Politisi Muda Partai Golkar ini.