EKSEKUTIF

Menko Airlangga dampingi Presiden Jokowi Bertemu Perdana Menteri Australia

0
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri, Menteri Sekretaris Negara, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC), Melbourne, Australia, pada Selasa (05/03).

Dalam usia hubungan diplomatik Indonesia –Australia yang telah berlangsung selama 75 tahun, kedua Kepala Pemerintahan berkomitmen untuk memperkuat kerja sama strategis.

Pertemuan tersebut dilaksanakan sehari sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo menegaskan kembali posisi Australia sebagai mitra strategis Indonesia dan ASEAN di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga :  Awali 2022, Menko Airlangga: Pemerintah Lanjutkan PPKM, Siapkan Vaksin Booster, dan Optimalkan Karantina PPLN

Presiden Joko Widodo juga menekankan peningkatan kerja sama pada sektor mineral penting dan kolaborasi kendaraan listrik.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo menggarisbawahi pentingnya kerja sama sektor jasa keuangan dan mengumumkan rencana pembukaan kantor perwakilan Bank Negara Indonesia (BNI) di Sydney.

Selain itu, Presiden juga menyambut baik penandatanganan MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan National Capital Authority pada bulan Februari lalu.

Presiden Joko Widodo juga menyoroti pentingnya perluasan akses pasar untuk menciptakan perdagangan yang lebih berimbang antara lain melalui kerja sama biosecurity produk pertanian dan perikanan.

Presiden Joko Widodo menyambut baik impor daging dan ternak sapi dari Australia.

Dalam hal hubungan people to people, Presiden Joko Widodo berbesar hati atas popularitas Indonesia sebagai tujuan bagi pelajar Australia dalam skema New Colombo Plan.

Baca Juga :  Menko Perekonomian Airlangga Pimpin Delegasi RI pada APEC MM di Bangkok

Presiden Joko Widodo mengundang lebih banyak pelajar Australia untuk berkunjung dan belajar di Indonesia, termasuk budaya dan bahasa Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih atas dukungan Australia selama keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu.

Presiden Joko Widodo berharap kerja sama dan implementasi proyek infrastruktur dan energi terus berlanjut, dibarengi dengan perdagangan dan investasi yang saling menguntungkan.

Presiden Joko Widodo menyambut baik peluncuran Strategi Ekonomi Asia Tenggara 2040.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo juga mengundang Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk menghadiri World Water Forum ke-10 di Bali yang akan membahas isu-isu air dan sanitasi global di tengah perubahan iklim.