EKSEKUTIF

Menko Perekonomian Airlangga Bertemu Menteri Perdagangan Internasional Kanada Mary

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berserta jajaran bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional Kanada, Mary Ng beserta jajaran.

Berita Golkar – Dalam rangkaian pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Ministers Responsible for Trade Meeting dan Pertemuan Tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, Amerika Serikat, dilaksanakan pertemuan bilateral Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Internasional Kanada, Mary Ng pada Jumat pagi (26/5).

Menteri Mary Ng menyampaikan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan Presidensi G20 2022 dan Keketuaan ASEAN 2023.

Lebih lanjut, Mary Ng menyampaikan harapannya untuk kedua negara dapat segara menyelesaikan perundingan Indonesia – Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) serta dapat segera mewujudkan komitmen kerja sama halal untuk produk – produk Kanada.

Baca Juga :  Sambut Indonesia Emas 2045, Hetifah: Kecerdasan Artifisial Pacu Perbaharui Pendidikan Indonesia

Menanggapi hal tersebut, Menko Airlangga menyampaikan bahwa penyelesaian Indonesia – Kanada CEPA merupakan salah satu prioritas Presiden, selain itu juga mendorong terwujudnya kerja sama sertifikat halal Indonesia – Kanada.

Sebagaimana diketahui Indonesia – Kanada akan kembali bertemu untuk Perundingan Putaran ke-5 Indonesia – Kanada CEPA di Otawa, Kanada pada 29 Mei – 2 Juni 2023.

Diharapkan dengan adanya perjanjian dagang yang komprehensif dan kerja sama sertifikat halal dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara khususnya perdagangan dan investasi.

Baca Juga :  Labour20 Summit, Menko Airlangga Tekankan Inklusivitas dan Perlindungan Tenaga Kerja

Kedua menteri juga berdiskusi tentang satuan tugas untuk kerja sama ekonomi Indonesia – Kanada, sehingga implementasi kerja sama ekonomi dapat lebih pragmatis dan praktis.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Mary Ng juga menyampaikan ketertarikan Kanada untuk kerja sama dengan Indonesia di sektor critical minerals.

“Kami baru saja bertemu dengan Vale Indonesia, kami melihat potensi kerja sama dengan Indonesia perihal teknologi dan input pada mining value chain agar sesuai TSM (Towards Sustainable Mining)”, tegas Menteri Ng.

Pada pertemuan tersebut juga dibahas kemungkinan Kanada untuk turut berpartisipasi dalam IPEF.