LEGISLATIF

Pengembangan Kawasan Pariwisata, I Gde Sumarjaya: Harus Dapat Serap Tenaga Kerja Lokal

0
Anggota Komisi VI DPR RI, I Gde Sumarjaya Linggih.

Berita Golkar – Anggota Komisi VI DPR RI I Gde Sumarjaya Linggih mengingatkan PT Aviasi Pariwisata Indonesia/InJourney (holding BUMN Pariwisata Indonesia) untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal dalam setiap pengembangan kawasan wisata yang dikembangkan.

Ia menilai, penyerapan tenaga kerja lokal merupakan salah satu langkah menurunkan gini ratio antara yang kaya dan yang miskin.

“Yang perlu diingat adalah benefit kepada masyarakat itu harus sebesar-besarnya diberikan kepada lokal. Terutama nanti masalah perekrutan pegawai dan sebagainya, sebisa mungkin itu (menyerap tenaga kerja lokal),” ujar Demer, panggilan akrab I Gde Sumarjaya Linggih dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI dengan Dirut PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG dan Dirut PT. Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga :  Hetifah Sjaifudian Berharap Aspirasi Suporter Terus Dilanjutkan

Demer menambahkan, pengembangan kawasan pariwisata diharapkan dapat memberikan ruang kepada masyarakat lokal.

Sehingga masyarakat lokal tidak malah menjadi penonton di negerinya sendiri.

Oleh sebab itu, pihaknya setuju dengan tambahan PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk pengembangan kawasan pariwisata, selama pengembangan tersebut memacu penguatan perekonomian di Indonesia.

“Ini yang mesti kita timbulkan pengusaha-pengusaha lokal, pekerja-pekerja lokal dengan baik. Inilah tujuannya kita mengeluarkan PMN ini. Nggak apa-apa PMN sebanyak-banyaknya nggap apa-apa selama itu akan membuat agent of development itu berjalan. Karena kita negeri yang sedang berkembang, pasti akan perlu banyak peran BUMN untuk mengembangkan perekonomian kita,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Temui Airlangga, Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Golkar ini mengapresiasi adanya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang dinilai telah memberikan dampak yang luar biasa pada Bali dan Indonesia.

Bahkan hingga saat ini, ITDC terus digunakan sebagai tuan rumah event-event international.

Sehingga menimbulkan multiplier effect yang luas terhadap perekonomian di Bali.