LEGISLATIF

Bobby Adhityo Rizaldi: Tak Perlu Dikotomikan Sipil-Militer dalam Penunjukan Andi Widjayanto

0
Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldy minta pengangkatan Andi Widjayanto tak dipersoalkan

Berita Golkar – Keputusan Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Andi Widjayanto sebagai gubernur Lembaga Ketahanan Nasional membuat sejumlah pihak bersuara miring.

Latar belakangnya yang dari sipil menjadi salah satu pertanyaan, karena selama ini lembaga tersebut nyaris identik dengan kepemimpinan berlatar belakang militer.

Menanggapi hal demikian, anggota Komisi I DPR fraksi parta Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menyebutnya sebagai sesuatu yang tak perlu dipersoalkan, karena hal serupa pernah juga dilakukan pendahulunya

“Saya rasa pilihan Presiden sudah baik, mempercayakan lembaga pembentukan karakter pemimpin-pemimpin sipil dan militer, tanpa perlu lagi mendikotomikan antara sipil dan militer,” kata Bobby Senin (21/2/2022).

Ia mencontohkan, pada pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono pun terdapat gubernur Lemhannas berlatar belakang sipil yakni Ermaya Suradinata, dan Budi Susilo Soepandji.

Baca Juga :  Flatform Digital Bantu Pemerintah Salurkan KUR UMKM

Menurut anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini lagi, penunjukkan Andi juga bisa dilihat sebagai bentuk giliran antara kalangan sipil dan militer untuk mengisi jabatan gubernur Lemhannas setelah sebelumnya diduduki oleh Letjen (Purn) Agus Widjojo.

Di samping itu, legislator daerah pemilihan Sumatera Selatan tersebut menilai Andi merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Lemhannas.

“Latar belakang pak Andi sangat pas dalam melakukan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis,” ujar Bobby.

Ia berpesan agar kepemimpinan Andi di Lemhannas nanti tidak menimbulkan polemik, seperti yang sempat terjadi ketika Agus Widjojo mengusulkan Polri berada di bawah kementerian.

Baca Juga :  Muhidin M. Said Bersyukur atas Pemulihan Ekonomi Indonesia Terus Tunjukan Perbaikan

“Semoga Pak Andi amanah dan mampu menjaga Lemhannas menjadi lembaga yang disegani tanpa banyak polemik, dan Lemhanas menjadi sumber lahirnya pemimpin-pemimpin nasional yang berkarakter kebangsaan yang kuat,” kata Bobby.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo resmi melantik Andi gubernur Lemhannas, Senin (21/2/2022) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan tersebut berdasaran Keputusan Presiden RI nomor 21P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) Nanik Purwanti.

You may also like