BERITAEKSEKUTIF

Dito Ganinduto: Respon Kebijakan BI Harus Dapat Diakselerasi Oleh Perbankan

0
Foto: Dito Ganinduto Ketua Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar

Berita Golkar – Komisi XI DPR RI mengemukakan telah 10 bulan Indonesia melewati pandemi COVID-19 dan berbagai pihak telah bekerja bersama-sama bersama DPR merumuskan kebijakan baik itu di sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi.

“Komisi XI DPR RI bersama dengan Kemenkeu, BI, OJK, dan LPS telah merumuskan berbagai kebijakan secara simultan baik itu untuk keuangan negara melalui burden sharing antara Kemenkeu dan BI, maupun menjaga sektor usaha melalui restrukturisasi yang dilakukan oleh OJK, maupun stabilitas sektor keuangan dengan KSSK”, terang Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto.

Bebagai upaya kebijakan untuk mendukung keseluruhan perekonomian telah dilakukan oleh otoritas masing-masing. Namun, di lapangan masih terkendala oleh pelaksanaan dari kebijakan tersebut.

Baca Juga :  Hetifah Sjaifudian: Pengajian Al-Hidayah Dukung RUU TPKS Segera Disahkan jadi UU

“Saya memahami betul kekecewaan yang dirasakan oleh Gubernur Bank Indonesia saat ini, di mana Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif dalam merespon pandemi COVID-19 ini, sehingga mendorong suku bunga terus menurun dan mendukung pembiayaan perekonomian”, ujar Ketua Komisi XI Dito Ganinduto

Memasuki Triwulan IV 2020, Bank Indonesia telah menetapkan Suku Bunga acuan BI-7Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) di level 3,75% dan suku bunga deposit facility tetap pada 3% serta suku bunga lending facility di 4,5%.

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto menerangkan bahwa “Suku Bunga Acuan BI ini merupakan suku bunga acuan terendah yang dilakukan oleh BI ditambah injeksi likuiditas BI ke perbankan sehingga likuiditas perbankan menjadi longgar dengan tujuannuntuk merespon pandemi COVID-19. Namun, penurunan suku bunga ini tidak diikuti oleh penurunan suku bunga kredit di perbankan sehingga pemulihan ekonomi tidak didukung dari sisi kredit modal kerja di perbankan”.

Baca Juga :  Srikandi Golkar Lampung Giatkan Lagi Senam Lampung Berjaya

Selanjutnya Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto mengharapkan “agar kebijakan yang ditempuh oleh Bank Indonesia betul-betul direspon oleh perbankan sehingga optimisme terbangun dan sinergitas kebijakan lanjutan oleh Pemerintah, BI, OJK, LPS dapat mendukung perbankan dan dunia usaha agar ekonomi terus berlanjut.

Partai Golkar Bentuk Tim Advokasi Pendampingan Sengketa Pilkada 2020

Previous article

Yahya Zaini Apresiasi Presiden Jokowi Berikan Vaksin Covid-19 Secara Gratis

Next article

You may also like

Comments