BERITALEGISLATIF

Legislator Golkar Kritisi Lulusan PTDI yang Belum Terserap Maksimal

0
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Golkar Muhammad Fauzi.

Berita Golkar – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Golkar Muhammad Fauzi menilai lulusan Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) – STTD belum maksimal diserap oleh dunia kerja, khususnya di sektor transportasi darat.

Pasalnya, lulusan taruna dari PTDI yang berjumlah 3000 lebih, baru diserap tidak sampai 250 taruna pada sektor tersebut.

“Komisi V DPR RI datang ke tempat ini (PTDI) guna mengetahui kondisi penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiapkan oleh Kementerian Perhubungan melalui PTDI ini dalam rangka menyiapkan SDM di Kemenhub. Sekolah ini sudah berjalan cukup baik, tapi mungkin dalam hal serapannya di dunia kerja yang perlu dibicarakan lebih,” kata Fauzi saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke PTDI, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga :  Musda Golkar NTB, DPP Berpeluang Tunjuk Plt Ketua

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI itu mengatakan bahwa penyerapan SDM tersebut masih sangat memperihatinkan.

Bahwasannya produk lulusan yang keluar dari PTDI tersebut tetap masuk ke pasar kerja, tapi tidak terserap dengan baik terutama untuk bidangnya masing-masing. Jika lulusan PTDI masuk di bidang yang lain akhirnya pemanfaatan pembiayaan negara pun kurang maksimal.

Baca Juga :  Konflik Rusia Ukraina, Mukhtarudin Sarankan Ini Kepada Pemerintah

“Selain itu produk-produk (lulusan) ini juga harus ada di tiap daerah karena di daerah membutuhkan taruna-taruna dari PTDI ini. Misalkan di dinas perhubungan di daerah jika menginginkan manajemen transportasi yang lebih baik alangkah baiknya ditempatkan dengan orang yang mempunyai kompetensi yang sesuai,” tambahnya.

Menko Airlangga: Pemerintah Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Previous article

IIPG Jabar Gelar Silaturahmi Marathon, Vaksinasi, Bagi Sembako dan Tanam Pohon

Next article

You may also like

Comments