LEGISLATIF

Jelang Lebaran 2023, Hamka B Kady Ingatkan Kemenhub Monitor Kenaikan Harga Tiket Moda Transportasi

0
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady.

Berita Golkar – Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady mengingatkan pemerintah memonitor kenaikan harga tiket moda transportasi baik darat, laut, maupun udara selama masa angkutan mudik Lebaran 2023.

Hal tersebut dia sampaikan dalam Rapat kerja bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Ia mengatakan tiket pesawat dan kereta api belakangan menjadi topik pembicaraan utama di masyarakat yang hendak melaksanakan mudik.

Utamanya moda transportasi udara yang menjadi andalan pemudik yang hendak pulang ke wilayah-wilayah Indonesia bagian Timur.

Baca Juga :  AMPG Sumatera Utara Tepis Isu Munaslub Partai Golkar

Karenanya ia meminta kenaikan tiket moda transportasi ini pada level yang wajar.

“Yang paling penting dan paling utama adalah harga tiket. Harga tiket udara, laut, dan darat, tetap harus mengacu pada peraturan pemerintah. Ada batas atas dan batas bawah. Tidak boleh melebihi itu, kalau melebihi batas atas harus diberi sanksi. Ini pekerjaan rutin,” ujar Hamka.

Legislator Partai Golkar tersebut mengatakan, harga tiket tidak menjadi masalah bagi yang mampu, tetapi bagi ekonomi menengah ke bawah, harga tiket selalu menjadi persoalan serius.

“Karena ini menjadi persoalan serius di setiap tahun apabila memasuki Lebaran,” ucapnya.

Baca Juga :  Ketua Golkar Sulsel Salurkan Bantuan Airlangga Kepada Korban Puting Beliung

Ia berharap pemerintah dapat mencarikan jalan keluar dan mencermati moda transportasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Selain itu, Hamka menghimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis dari pemerintah.

Menurutnya, ini dapat menekan kepadatan dan mencegah terjadinya kecelakaan.

“Sebaiknya masyarakat kalau mau mudik jangan menggunakan sepeda motor. Karena resiko kecelakaannya tinggi. Apalagi jarak tempuhnya jauh. Lebih bagus motornya dikirim saja,” kata Hamka.

Berdasarkan data Kementerian perhubungan, diperkirakan terjadi lonjakan mudik Lebaran sebanyak 123, 8 juta. Jumlah ini tentunya meningkat 44,79 % dibanding 2022 dengan jumlah pemudik 85,5 juta.