EKSEKUTIF

Kartu Prakerja, Menko Airlangga: Terbukti Efektif Tingkatkan Kewirausahaan

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto mengatakan program kartu prakerja telah terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran kewirausahaan, daya beli dan inklusi keuangan.

Tidak hanya itu, program ini juga telah diteliti oleh berbagai pihak seperti Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan World Bank.

“Kartu prakerja adalah program sukses pemerintah Republik Indonesia. Dalam mengubah permukaan publik, teknologi digital dan cara-cara inovatif biasanya dilakukan oleh startup diimplementasikan di kartu prakerja. Penelitian dilakukan secara presisi, bahwa penerima manfaat perempuan, penerima manfaat yang tinggal di luar Jawa dan penerima manfaat,” katanya dalam webinar Kartu Prakerja: Indonesia’s Digital Transformation and Financial Inclusion Breakthrough, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga :  Airlangga Hartarto: RUU Cipta Kerja Beri Jaminan Tenaga Kerja

Kemudian, ia melanjutkan program ini juga membantu yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau lebih tinggi dan tinggal di perkotaan.

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh peserta setelah bergabung dalam program kartu prakerja.

Di antaranya mendapatkan sertifikat dan peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih tinggi.

“Kartu Prakerja juga menawarkan lebih banyak lagi kepada masyarakat. Seperti mendorong penyaluran insentif yang telah tersebar melalui Bank dan perusahaan fintech yang diuntungkan. Bisa pilih sendiri payment channel dari Link Aja, BNI, OVO atau DANA,” ujar Airlangga.

Ia menambahkan pengembangan ekosistem pembelajaran berbasis kemitraan di kartu prakerja ini dibangun dengan melibatkan ratusan pemangku kepentingan dan tercatat lebih dari 12 juta telah menjadi penerima kartu prakerja.

Baca Juga :  Operasi Pasar, Menko Airlangga Tinjau Pasar Alang-Alang Lebar KM12 di Palembang

“Kartu prakerja merupakan salah satu pelopor pengembangan G2P payment yang memanfaatkan fintech. Inilah peran kartu prakerja dalam mempercepat inklusi keuangan,” kata dia.

Ia menjelaskan program kartu prakerja ini benar-benar menjadi terobosan dalam transformasi digital dan inklusi keuangan Indonesia.

Namun, Ketua Umum Partai Golkar ini juga menyadari masih banyak hal yang harus dilakukan untuk menyempurnakan program kartu prakerja.

“Kami sangat mengharapkan dukungan lebih lanjut dari mitra kami Bank Dunia dan Bank Indonesia,” kata dia.

Rudy Mas’ud: Seluruh Instrument Gotong Royong Sukseskan Rakornis Golkar Se-Kalimantan

Previous article

Pertemuan Ketum Parpol, Airlangga Hartarto: Jaga Stabilitas Politik

Next article

You may also like

Comments