EKSEKUTIF

Tradisi Nyadran di Solo, Airlangga Ziarah Makam Keluarga di Astana Oetara

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto (tengah).

Berita Golkar — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan diri mengunjungi Kota Solo sebelum Bulan Ramadhan, Kamis (24/3/2022). Airlangga menggelar ziarah ke makam keluarga besarnya di Pasarean Nayu, Astana Oetara, Mangkunegaran, Solo.

Ritual ziarah ini dilakukan sebelum memasuki Bulan Ramadan. Dalam tradisi Jawa, khususnya Jawa Tengah, ritual yang tak luput digelar sebelum memasuki bulan suci Ramadan adalah membersihkan makam leluhur. Tradisi ini disebut Sadranan, atau Nyadran.

“Tidak setiap hari, inikah bertepatan dengan Nyadran kalau di Solo dan sekitarnya. Ziarah, mendoakan, atau membersihkan makam, sekaligus mengingat leluhur kita,” tutur Airlangga di Nusa Dua Bali, Jumat (25/3).

Ketua Umum Partai Golkar ini tak mengizinkan banyak rombongan ikut ke makam leluhurnya. “Kan biar tidak ramai-ramai saja, saya juga butuh khusyuk ziarahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Menko Airlangga jadi Pembicara pada Acara CSIS di Washington D.C.

“Pesan saya, yang penting, kita sebagai generasi saat ini tidak lupa bahwa kita punya leluhur, mereka yang sudah berjuang di zamannya. Kita kirim doa terus untuk para leluhur kita,” tambahnya.

Selain di Makam Astana Oetara, Airlangga juga memiliki keluarga besar yang dimakamkan di kompleks makam Kiai Ageng Gribig di Klaten. Airlangga diketahui masih memiliki darah keturunan dari Kiai besar yang menyebarkan Islam di wilayah Jatinom, Klaten. Tahun lalu, Airlangga dua kali ziarah ke Makam Kiai Ageng Gribig di Jatinom.

Setelah ziarah di Astana Oetara, Airlangga meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer di kawasan Balekambang, Solo.

Sentra Wedangan ini merupakan pusat kuliner wedangan atau Hik yang berada di kawasan pasar burung di Balekambang.

Baca Juga :  Taufan Pawe Terus Bergerak Sosialisasikan Ketum Airlangga sebagai Capres 2024

Airlangga ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka selama kunjungan kerja di Solo. Putra Sulung Presiden Joko Widodo itu mendampingi sejak kedatangan Airlangga di Solo hingga meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer.

Bahkan dalam pidato peresmian Demang Toenthoer, Airlangga berseloroh kepada Wali Kota Solo tersebut.

“Saya banget orang yang suka jajan, hobi makan, suka kuliner, tapi bercita-cita langsing kayak Mas Gibran. Di sini ada Mas Gibran, Mas Gibran langsing karena sukanya lari. Kalau saya jalan saja karena hidup itu tentang perjalanan bukan cari pelarian, Mas Gibran,” ujar Airlangga disambut tepuk tangan masyarakat di Sentra Wedangan Demang Toenthoer.