DPD GOLKAR

Penjaringan Bacaleg, Golkar Cirebon Terbuka untuk Semua Kalangan

0
Ketua Bapilu Golkar Kota Cirebon, Fahmi (kiri) menerima berkas persyaratan dari salah seorang bacaleg di Sekretariat DPD Golkar Kota Cirebon, Senin (2/1/2023).

Berita Golkar – DPD Partai Golkar Kota Cirebon melakukan penjaringan bakal calon legeslatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 mendatang. Tahapan itu bahkan telah dimulai sejak Oktober tahun 2022 lalu.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Kota Cirebon, Fahmi mengatakan, sebagai partai terbuka penjaringan bacaleg Golkar terbuka untuk semua kalangan.

“Penjaringan ini terbuka untuk umum, siapa pun bisa mendaftarkan diri sebagai bacaleg Kota Cirebon melalui Partai Golkar,” kata Fahmi dikutip pada Rabu (4/1/2023).

Menurut Fahmi, penjaringan sesuai dengan permintaan DPD Golkar Jawa Barat, di mana setiap DPD kota/kabupaten harus menyerahkan 200 persen nama dari kuota caleg pada Pileg 2024.

Baca Juga :  IIPG Golkar Jawa Barat Temui Warga di Pangalengan Bandung

Saat ini, lanjut Fahmi, hasil penjaringan bacaleg yang dilakukan secara terbuka itu akan diserahkan ke DPD Golkar Jawa Barat.

“200 persen nama ini akan kami serahkan kepada DPD Golkar Jawa Barat, karena itu permintaan dari DPD Golkar Jawa Barat,” katanya.

Fahmi mengatakan, dengan adanya wacana penataan daerah pemilihan (dapil), dirinya diberikan target untuk menambah jumlah perolehan kursi dari 3 kursi di DPRD Kota Cirebon menjadi enam kursi oleh DPD Jabar.

“Partai Golkar Kota Cirebon lebih memilih lima, karena kalau lima dapil selisih dari jumlah kursi di setiap dapil, kalau empat dapil selisih jumlah kursi akan sangat jauh dengan dapil lainnya,” katanya.

Baca Juga :  Penjaringan Calon Wali Kota Dibuka, Ketua Bappilu Golkar Kendari: Diutamakan Kader

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019 kemarin, Golkar Kota Cirebon berhasil mendudukkan tiga kadernya menjadi anggota DPRD Kota Cirebon, yakni Andrie Sulistio, Agung Supirno, dan Ana Susanti.

Ketiganya, lanjut Fahmi, sudah dipastikan mendaftar kembali sebagai bacaleg Pemilu 2024 mendatang.

Bappilu pun telah menanyakan langsung kepada ketiganya dan semua kompak menyatakan akan tetap maju di DPRD Kota Cirebon.

“Mereka memberikan keyakinan akan tetap di DPRD Kota Cirebon. Biar bagaimana pun tiap partai peserta pemilu yang mempunyai petahana sangat membutuhkan, untuk minimal mempertahankan perolehan kursi yang diperoleh pada pileg sebelumnya,” katanya.